[Ask] Kisah Tiga Orang Dari Bani Israil & Malaikat

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Kisah Tiga Orang Dari Bani Israil & Malaikat

[Ask] Kisah Tiga Orang Dari Bani Israil & Malaikat

Ada tiga orang dari Bani Isra’il yang menderita sakit. Yang pertama menderita penyakit kusta, yang kedua kepala botak dan yang ketiga buta. 

Kemudian Allah menguji mereka dengan mengutus malaikat menemui mereka. Pertama malaikat mendatangi orang yang berpenyakit kusta.  Malaikat bertanya “ Apa yang paling kamu sukai ? “        “ Warna kulit dan kulitku yang bagus, karena sekarang ini manusia menjauhiku. “ Jawab orang yang berpenyakit kusta. Maka malaikat itu lantas mengusap kulitnya hingga hilang dan berganti dengan warna dan kulit yang bagus.  “ Harta apa yang paling kamu sukai “ Tanya malaikat itu lagi, “ Unta “ jawab orang itu. Maka dia diberi puluhan unta. Selanjutnya Malaikat itu berkata “ Semoga pada unta itu ada keberkahan buatmu. “


Kemudian malaikat itu mendatangi orang yang berkepala botak dan bertanya kepadanya, “ Apa yang paling kamu sukai ? “, “ Tumbuh rambut yang bagus dan penyakit ini pergi dariku , karena sekarang ini manusia menjauhiku. “ jawab orang botak tersebut. Maka malaikat itu pun  mengusap kepala orang itu hingga hilang dan berganti dengan rambut yang bagus. Selanjutnya, Malaikat bertanya lagi, “ Harta apa yang paling kamu sukai ? “, Orang itu menjawab “ sapi “. Maka dia pun diberi seekor sapi yang sedang hamil lalu malaikat berkata “Semoga pada sapi itu ada keberkahan buatmu.


Kemudian malaikat itu mendatangi orang yang buta lalu bertanya kepadanya, “Apa yang paling kamu sukai ? “, Orang ini menjawab, “ Seandainya Allah mengembalikan penglihatanku sehingga dengan penglihatan itu aku dapat melihat manusia.” Maka malaikat mengusap mata orang ini hingga Allah mengembalikan penglihatannya. Lalu malaikat bertanya lagi,  “ Harta apa yang paling kamu sukai ? “, Orang itu menjawab “ Kambing “. Maka dia pun diberi seekor kambing yang hamil.


Kedua orang yang pertama tadi hewan-hewannya berkembang biak sangat banyak, begitu juga dengan orang yang ketiga. Bahkan masing-masing dari mereka memiliki lembah untuk mengembalakan unta-unta, lembah untuk mengembalakan sapi-sapi, dan lembah untuk mengembalakan kembing-kambing.



Lalu malaikat mendatangi orang yang tadinya berpenyakit kusta dalam bentuk keadaan seperti orang yang berpenyakit kusta lalu berkata, “ Aku orang miskin yang kehabisan bekal dalam perjalanan ini, dan tidak ada yang menyampaikan aku hidup hingga hari ini kecuali Allah. Maka aku memohon kepadamu demi Allah yang telah memberimu warna dan kulit yang bagus berupa seekor unta, apakah kamu mau memberiku bekal agar aku dapat meneruskan perjalanan ini ?”, Maka orang ini berkata,” Sesungguhnya hak-hak yang harus aku taunaikan sangat banyak.” Lalu malaikat bertanya kepadanya, “ Sepertinya aku mengenalmu. Bukankah kamu dahulu orang yang berpenyakit kusta dan manusia menjauhimu dan kamu dalam keadaan fakir lalu Allah memberimu harta.” Orang ini menjawab,” Aku memiliki ini semua  dari harta warisan turun temurun.” Maka malaikat berkata “ Seandainya kamu berdusta, semoga Allah mengembalikanmu ke keadaanmu semula.


Kemudian malaikat itu mendatangi orang yang dahulunya berkepala botak dalam bentuk keadaan orang berkepala botak, lalu malaikat itu berkata sebagaimana yang dikatakan kepada orang yang pertama tadi, lalu orang yang dahulunya berkepala botak ini menjawab seperti jawaban orang yang dahulunya berpenyakit kusta. Akhirnya malaikat berkata, “ Seandainya kamu berdusta, semoga Allah mengembalikanmu ke keadaanmu semula.


Lalu malaikat mendatangi orang yang dahulunya buta dalam bentuk orang buta lalu berkata, “ Aku orang miskin yang kehabisan bekal dalam perjalanan ini, dan tidak ada yang menyampaikan aku hidup hingga hari ini kecuali Allah. Maka aku memohon kepadamu demi Allah yang telah mengembalikan penglihatanmu, berupa seekor kambing. Apakah kamu mau memberiku bekal agar aku dapat meneruskan perjalananku ini ?” Maka orang ini menjawab,” Dahulu aku adalah orang buta, lalu Allah mengembalikan penglihatanku. Aku dulu adalah orang fakir maka Dia memberiku kecukupan, maka itu ambillah sesukamu. Demi Allah, aku tidak akan menghalangimu untuk mengambil sesuatu selama kamu mengambil karena Allah.” Maka malaikat itu berkata ,” Pertahankanlah hartamu. Sesungguhnya kalian sedang diuji, dan Allah telah ridha kepadamu dan murka kepada kedua temanmu.”



Sumber : Kitab shahih Al Bukhari & Muslim, Ahmad Ali,Lc, cetakan pertama juli 2013

                Penerbit Alita Aksara Media


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama