[Ask] Kisah Sahabat Nabi Pasukan Al-Ambar

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Kisah Sahabat Nabi Pasukan Al-Ambar

[Ask] Kisah Sahabat Nabi Pasukan Al-Ambar

Pada bulan Rajab tahun ke 8 Hijriyah, Rasulullah SAW mengutus pasukan sebanyak 300 orang sahabat di suatu tempat di daerah pantai yang dipimpin oleh Abu Ubadah. Rasulullah hanya mempersiapkan bekal untuk mereka hanya sekarung kurma.


Mereka menetap di sana selama lima belas hari, sedangkan persediaan mereka telah habis. Qais salah satu anggota pasukan membeli unta untuk disembelih dengan syarat akan dibayar setibanya di Madinah. Maka setiap harinya mereka menyembelih unta sebanyak 3 ekor.


Pada hari ketiga penyembelihan, Abu Ubadah berpikir jika diteruskan maka mereka tidak dapat kembali karena tidak adanya kendaraan mereka. Timbullah inisiatif agar mereka mengumpulkan sisa kurma yang ada pada mereka, dan memberikannya kepada mereka seorang sebutir kurma untuk mengulumnya sambil minum air.


Melihat kondisi seperti itu memang dapat dibayangkan betapa sedihnya, tetapi semangat mereka tatap bertahan, pada saatnya mereka benar-benar kehabisan bekal,  sehingga daun kering dijadikan makanan dicampur dengan air. Apa saja pada saat terpaksa dapat dilakukan.


Allah berkehendak menolong hambanya yang mematuhi rasul-Nya, maka tiba-tiba seekor ikan Ambar terdampar ditepi pantai.

Mereka makan ikan tersebut selama delapan belas hari tidak juga habis, bahkan mereka dapat juga membawa sisanya kembali ke Madinah.

Mereka ceritakan hal tersebut kepada Rasulullah SAW, beliau bersabda, “ Ikan itu adalah rezeki yang Allah kirimkan untuk kalian. “


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama