[Ask] Adab Minum Air Dalam Agama Islam

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Adab Minum Air Dalam Agama Islam

Minum adalah sebuah kegiatan kita sehari-hari atau sebuah kebutuhan wajib bagi manusia, dalam hal ini minum bisa di kategorikan apa saja, yaitu sebuah cairan. Dalam minum sesui ajaran Nabi kita muhammad SAW tentu ada tata cara atau sunah dalam meminum yg baik.

[Ask] Adab Minum Air Dalam Agama Islam


Sunnah Dalam Minum Air

Masih banyak sebagian umat islam yg masih belum tau caranya minum yg baik dan benar sesuai ajaran nabi kita. Berikut kita sama-sama belajar dan menjadikanya sunnah dalam minum;


Niat

Tidak cuma hanya solat atau puasa dll kita niat. Namun minum juga harus di dasari dengan niat supaya cairan yg masuk dalam tubuh kita bermanfaat baik dan di tinjukan juga untuk beribadah kepada Allah SWT.



Baca Doa

Tidak usah kita membaca dengan doa yg terlalu panjang, dengan mengucapkan basmallah sudah cukup. Dengan menucap basmallah di tunjukan kepada Allah SWT, merupakan nilai ibadah.



Minum Dengan Posisi Duduk

Hadits Riwayat Ahmad No 8135, Rasullah SAW bersabda yg menjelaskan bahwa tidak boleh minum sambil berdiri. Dari penjelasan tersebut kita bisa mengetahui bahwa minum sambil duduk sangat di anjurkan atau di sunahkan. Jika kita bisa minum sambil duduk sebaiknya minum sambil duduk.



Minum Dengan Tangan Kanan

Sangatlah di sunahkan untuk minum dengan menggunakan tangan kanan. Untuk itu rosul juga memperintahkan kita untuk selalu mengingatkan selalu kepada anak untuk selalu makan dan minum menggunakan tangan kanan. 



Minum Dengan Minuman Yang Ada Dan Tidak Mencelanya

Kita harus mengajarkan kepada si anak untuk makan apa yang ada dan tidak mencela makanan tersebut, walaupun makanan tersebut tidak enak. Jika kita mencelanya termasuk berbuatan yg tidak baik.



Tidak Bernafas Dan Menuip Air Minum

Dalam Hadis Riwayat Bukhari No 5630 dan Muslim No 263, menerangkan bahwa jika kalian minum janganlah bernafas dalam wadah air minumnya. Jadi dalam hadis ini dari sunah rosul saw menerangkan jika kita minum sebaiknya janganlah bernafas dan meniup air minumnya.



Menutup Wadah Air Dalam Malam Hari

Kita di anjurkan atau di sunahkan untuk menutup wadah air malam hari. Karena dalam sebuah hadis menjelaskan bahwa wadah air yg tidak tertutup akan menjadi penguraian untuk bibit-bibit penyakit. Dengan menutup wadah air kita juga bisa mencegah terlebih dahulu yang sebelum nantinya malah terkena penyakit dari air yg kita minum.



Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama