Kisah Abu Nawas Gagal Di Hukum Karena Bunuh Ayam

 Ask

Kisah Abu Nawas Gagal Di Hukum Karena Bunuh Ayam

Kisah Abu Nawas Gagal Di Hukum Karena Bunuh Ayam

Dikisahkan bahwa Abu Nawas lolos dari konspirasi sang Raja zalim yang menginginkannya mati. Raja tidak berani membunuh Abu Nawas karena ia melihat Abu Nawas begitu cerdik membunuh seekor ayam. Koq bisa?


Suatu pagi Abu Nawas dipanggil ke istana untuk mengahadap Raja. Ia dituduh telah menipu salah satu prajurit istana. Abu Nawas dituduh telah meletakkan sebilah pisau didalam belanjaan prajurit. Atas peristiwa itu, Abu Nawas akan dijatuhi hukuman dari sang Raja karena dianggap membahayakan keselamatan sang Raja yang.


Setibanya di istana, Abu Nawas terkejut, Raja telah menyiapkan semuanya, termasuk mengumpulkan seluruh penduduk negeri itu untuk menyaksikan prosesi hukuman kepada Abu Nawas. Raja punya rencana sendiri untuk menghukum Abu Nawas, yakni akan mempermalukan Abu Nawas di depan khalayak ramai. Apa yang akan dilakukan Raja, sudah dirancang jauh-jauh hari, sebab Raja tahu Abu Nawas bukan orang yang mudah ditaklukan. “Abu Nawas, apakah kamu sudah siap untuk kuhukum?” kata Raja dengan suara congkaknya.


“Ayo, siapa takut,” jawab Abu Nawas dengan nada menantang. Sontak pertanyaan itu membuat rakyat yang melihat menggeleng-gelengkan kepala. Mereka tak habis pikir dengan ucapan Abu Nawas yang seolah menantang kematian.


Lalu Raja menyuruh prajurit mengambil barang yang sudah dipersiapkan untuk menghabisi nyawa Abu Nawas. Seketika itu juga Abu Nawas dan rakyat terkejut saat melihat benda yang diberikan Raja kepadanya. Bukan senapan atau senjata tajam apapun, melainkan seekor anak ayam.


Tentu saja hal itu membuat semua yang hadir bertanya-tanya, mereka bingung dengan keinginan Raja.

“Abu Nawas sekarang kau bunuh anak ayam itu,” tukas Raja “Kenapa anak ayam yang tidak berdosa ini harus saya bunuh, ia tak berdosa,“ tanya Abu Nawas

“Jangankan anak ayam itu, kau pun hari ini akan kubunuh, aku akan membunuhmu sendiri dengan cara yang sama dengan

caramu membunuh anak ayam itu,” kata Raja


Mendengar itu Abu Nawas terkejut akan rencana Raja. Sejenak Abu Nawas berpikir, seandainya ia mencekik anak ayam itu hingga mati, maka ia pun akan dicekik pula hingga mati. Begitu pula jika ia tebas leher anak ayam itu dengan pedang, maka ia terancam mati dengan cara dipedang pula. Lantas bagamana caraku membunuh anak ayam ini dengan cara yang mustahil tidak bisa ditiru sang Raja, katanya dalam hati. 


Setelah beberapa saat berpikir Abu Nawas mengambil anak ayam itu. Tanpa diduga-duga Abu Nawas meniup bagian pantat anak ayam itu hingga kembung dan akhirnya mati. Melihat kekonyolan itu, tiba-tiba terdengar suara penonton yang tertawa terbahak-bahak. Tak ketinggalan para prajurit kerajaanpun tertawa terpingkal-pingkal dengan tingkah kocak Abu Nawas. 


Suasana tegang bisa mencair. Mereka tak sanggup membayangkan Raja akan membunuh Abu Nawas dengan cara yang sama dengan cara Abu Nawas membunuh anak ayam itu. Raja sendiri yang melihat tingkah Abu Nawas hanya terdiam malu. Lagi-lagi rakyatnya sendiri telah mengetahui tingkat kecerdasannya yang kalah dibanding Abu Nawas. 


Akhirnya Raja mengurungkan hukuman untuk Abu Nawas, bahkan Raja menyebut Abu Nawas tidak bersalah. Untuk kesekian kali Raja gagal menghukum Abu Nawas yang dikenal memiliki akan cerdik itu.


Kumpulan Kisah Abu Nawas

Kisah Abu Nawas Melarang Rukuk Dan Sujud Dalam Sholat


Kategori : QuoteAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama