Kisah Abu Nawas Raja Juga Buta - Cerita 1001 Malam

 Ask

Kisah Abu Nawas Raja Juga Buta - Cerita 1001 Malam

Kisah Abu Nawas Raja Juga Buta - Cerita 1001 Malam

Pada suatu waktu di negeri 1001 malam, terjadi percakapan serius antara Abu Nawas dengan Sultan di Istananya yang megah. Sultan memberikan pertanyaan kepada Abu Nawas. 


Sultan : "Abu Nawas! berapa banyak wargaku yang buta!" Abu Nawas mengerutkan dahinya setelah mendapat pertanyaan yang sulit dari Sang Baginda!

Abu Nawas: "Baiklah, Insya Allah besok baru Baginda tahu jumlahnya"

Sultan: "Oke Abu Nawas, saya tunggu jawabanmu. Jika jawabanmu salah, maka kamu akan mendapat hukuman" Maka pulanglah Abu Nawas ! Setelah dia sampai di rumahnya, maka dia memutar terus otaknya. Lalu Abu Nawas mendapatkan jawaban dari pertanyaan Sultan.

Esoknya, setelah melaksanakan shalat shubuh, Abu Nawas mengambil pelepah pohon kurma yang banyak tumbuh di daerah Baghdad. Lalu pelepah itu ditarik Abu Nawas menuju tengah-tengah kota.

 Maka hebohlah segenap warga Baghdad, termasuk sang Baginda. Warga banyak bertanya pada Abu Nawas apa yang dia bawa ! Namun dia tidak memperdulikannya. Terus saja dia berjalan menuju istana. Sesampainya di Istana Sultan, Baginda pun bertanya kepada Abu Nawas.


Sultan : "Apa yang kamu bawa Abu Nawas?"

Abu Nawas : "Saya sudah tahu jumlah orang buta baginda"

Sultan : "Berapa jumlahnya Abu Nawas ?"

Abu Nawas : "57 orang termasuk Baginda"

Sultan : "Kenapa kamu bilang saya buta?"

Dengan senyum Abu Nawas menjawab.

Abu Nawas : "Tadi warga termasuk baginda bertanya kepadaku, apa yang saya bawa dan saya hitung 56 orang plus baginda, jadi jumlahnya 57 "

Sultan : "Memangnya kenapa Abu Nawas?"

Abu Nawas: "Ini khan pelepah pohon kurma, kok baginda masih bertanya. Apa baginda tidak lihat apa yang saya bawa?"

Baginda jadi tersipu-sipu malu, karena dia sudah tahu apa yang dibawa Abu Nawas, tapi dia masih bertanya. Abu Nawas memang banyak akalnya!


Kumpulan Kisah Abu Nawas

Kisah Abu Nawas Melarang Rukuk Dan Sujud Dalam Sholat


Kategori : QuoteAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama