Terkenal Cerdik dan Lucu, Siapa Abu Nawas Sebenarnya? - Cerita 1001 Malam

 Ask

Terkenal Cerdik dan Lucu, Siapa Abu Nawas Sebenarnya? - Cerita 1001 Malam

Terkenal Cerdik dan Lucu, Siapa Abu Nawas Sebenarnya? - Cerita 1001 Malam

Kisah lucu Abu Nawas termasuk dalam cerita 1001 malam yang tersohor di seluruh negeri. Namun siapa sih sebenarnya sosok dari si cerdik tersebut? 


Pernahkah tidak kamu mendengar tentang kisah Abu Nawas yang penuh dengan kecerdikan? Dulu sih kisahnya sering sekali ditayangkan di televisi setiap bulan Ramadhan. Anak-anak hingga orang dewasa kerap terpingkal dengan akalnya yang ada-ada saja sampai-sampai bisa mengecoh Sang Raja.


Tetapi, apakah Abu Nawas tersebut benar-benar ada? Atau hanya kisah fiksi? Simak ulasannya berikut ini daripada penasaran!


1. Pujangga Yang cerdik

    Kisah 1001 malam yang tersebar ke seluruh penjuru dunia menjadikan kisah Abu Nawas begitu terkenal. Banyak yang bertanya tentang keberadaannya di dunia nyata. Namun rupanya ia memang pernah ada. Menurut catatan sejarah, ia dilahirkan pada 747M di Ahvaz, Persia. Nama lengkapnya yakni Abu Ali Al-Hasan bin Hani Al-Hakami. Ayahnya merupakan anggota militer Marwan II.

Abu Nawas sendiri adalah seorang berdarah campuran, yakni Arab dari sang ayah dan Persia yang diturunkan dari ibu. Saat beranjak remaja, ia dikenal sebagai penyair dan pujangga Sastra Arab Klasik yang menuliskan banyak kisah cerdik.



2. Seorang anak yatim piatu

    Abu Nawas memiliki ibu bernama Jalban yang berdarah Persia. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sang ibu bekerja sendiri menjadi seorang pencuci kain wol. Di masal kecil, sang pujangga menghabiskan waktunya untuk belajar.

Ketertarikannya pada syair kemudian membawa Abu Nawas pada Sastra Arab. Ia belajar Al-Qur'an dari gurunya yang beranama Ya'qub Al-Hadrami. Sementara ilmu hadits ia peroleh dari Abu Walid bin Ziyad, Muktamir bin Sulaiman, Yahya bin Said Al-Qattan dan Azhar bin Sa'ad As-Samman.



3.Belajar Ilmu sastra

   Abu Nawas terinspirasi dari karya Waliban bin Habab Al-Asadi. Suatu hari sang penyair terkenal tersebut tertarik dengan bakat yang dimiliki Abu Nawas. Akhirnya ia pun menawarkan diri untuk menjadi guru dan memoles gaya bahasa muridnya itu menjadi lebih halus dan teratur. 


Kumpulan Kisah Abu Nawas

Kisah Abu Nawas Melarang Rukuk Dan Sujud Dalam Sholat


Kategori : QuoteAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama