Kisah Abu Nawas Memecahkan Masalah Sahabat - Cerita 1001 Malam

 Ask

Kisah Abu Nawas Memecahkan Masalah Sahabat - Cerita 1001 Malam

Kisah Abu Nawas Memecahkan Masalah Sahabat - Cerita 1001 Malam

sore itu di sebuah warung Abu nawas sedang menikmati secangkir teh hangat, tiba2 Dia melihat temannya datang dengan muka yg masam, seolah sedang memendam kesusahan. diapun duduk di sebelah Abu,,sore ini cuaca sangat cerah, tapi kenapa mukamu tak secerah sore ini? Abu nawas memulai perbincangan.


bulan-bulan ini istriku mengeluh tentang tempat tinggal kami, sahutnya.., knp, ada apa dengan rumahmu? dia mengeluhkan tempat tinggal yang menurutnya terlalu sempit untuk kami berempat tinggal,,  kenapa tak kau lebarin aja, kata Abu nawas menawarkan saran.

kalau ada uang tentu hal ini takan terjadi keluhnya,, Abu nawas merenung sejenak, dia coba cari akal untuk pecahkan masalah sahabatnya.

setelah dapat akal diapun berkata:"begini,,apakah kamu punya uang untuk membeli seekor keledai?temannyapun tak lantas menjawab pertanyaan abu nawas, karena dia sedikit bingung, apa hubungannya membangun rumah sama beli seekor keledai?

tapi dalam hatinya dia yakin pada sahabatnya yang satu ini, karna dia selalu mendapat jalan keluar dari masalah apapun yang ia hadapi, kemudian ia menjawab,: "ya!untuk beli seekor keledai saja saya punya,, nah!! belilah olehmu seekor keledai simpan dan uruslah dirumahmu? ia pun tambah bingung,, bagaimana tidak, tanpa seekor keledai aja rumahnya terasa sempit apalagi kalau ada seekor keledai? tapi dia tak berani membantahnya, sekali lagi dia yakin pada sahabatnya, "baiklah saya akan coba saran dari kamu, dibelilah olehnya seekor keledai dan dibawanya pulang.

sesampainya di rumah langsung saja dia memasukan keledainya kedalam rumah sesuai saran dari Abu nawas, istrinya yang ada didalam rumah terkejut sambil memarahi suaminya, dianggapnya suaminya itu sudah tidak waras "kamu udah gila ya!! istrinya memarahi dia, tak sepatah katapun yang keluar dari mulutnya,


dia sendiri bingung dengan apa yang telah ia lakukan dengan saran dari sahabatnya sendiri, keesokan harinya ia kembali menemui Abu nawas, setelah menceritakan apa yang telah terjadi di rumahnya Abu nawas malah menyarankannya untuk membeli lagi seekor kambing, diapun tambah kebingungan bagaimana tidak, seekor keledai saja sudah sangat merepotkan apalagi kalau harus di tambah lagi seekor kambing, lagi2 dia tidak bisa menolak sarannya karena dia percaya akan kecerdikan sahabatnya itu.

dia pun pulang dengan membawa seekor kambing kerumahnya, dapat kita bayangkan apa yang bakal terjadi dirumahnya, untuk kedua kalinya ia kena marah sang istri, apalagi saran yang ketiga ia harus membeli lagi seekor angsa tambah semerawut aja itu rumahnya,

habislah kesabarannya, ia tidak kuat lagi tinggal bersama hewan2 tersebut, dan pergi menemui si pemberi solusi, Abu nawas cuma tersenyum mendengar curhatan sahabatnya seraya berkata, berapa uang yg kamu punya sekarang? tak sepeserpun uang dikantongku katanya, sekarang kamu pulanglah dan jual  keledaimu!! keesokan harinya setelah dia menjual keledainya dia kembali menemui Abu nawas, namun kali ini ada yg berbeda diwajahnya sedikht lebih cerah

Abu nawas : bagaimana keadaan rumahmu sekarang?

sahabatnya : alhamdulilah rumahku sekarang terasa sedikit lapang setelah keledainya ku jual..

Abu nawas : nah sekarang kamu jual kambing dan angsanya,,

diapun menuruti kata sahabatnya itu

keesokan harinya.....wajaah dia benar benar sumringah tak ada beban yang tergambar diwajahnya sedikitpun,, dan dia berterimakasih pada Abu nawas sahabatnya akhirnya dia dan istrinya sadar bahwa kelapangan itu ada setelah kita merasakan terlebih dulu kesempitan..


Kumpulan Kisah Abu Nawas

Kisah Abu Nawas Melarang Rukuk Dan Sujud Dalam Sholat


Kategori : QuoteAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama